Pengaruh
Tayangan Televisi Terhadap Perkembangan Moral Anak
Media televisi memang mempengaruhi moral dan perkembangan anak yang menonton, namun peran orang tua yang aktif dalam mendampingi dan membimbing serta dapat mengarahkan anak dalam menonton tayangan televisi, sehingga tidak berdampak buruk yang disebabkan oleh acara-acara yang ditayangkan di televisi. Sebagai orang tua harus cermat dalam memilih program acara yang mendidik anak, seperti film kartun, lagu anak-anak, dan acara cara belajar. Semua acara televisi tidak berdampak buruk, ada juga manfaatnya yang bisa diambil seperti media yang memberikan informasi, acara program pengetahuan, keterampilan, dan hiburan (Kaigang Li, 2013) . Pengaruh negatif tidak bisa menyalahkan sepenuhnya dari tayangan televisi, tetapi juga dilihat dari perkembangan anak dari lingkungan tempat tinggal (Sri, 2005).
Dalam
mengetahui perkembangan anak, orang tua dan guru di sekolah seharusnya dapat
memahami perkembangan anak, dimana usia 0-2 tahun anak mendapat pemahaman dari
pengindraannya. Kemudian usia 2-7 tahun anak mulai belajar menggunakan bahasa,
angka, dan simbol-simbol tertentu. Dan pada usia 7-12 tahun anak mulai berpikir
logis terutama yang berhubungan dengan obyek yang tampak langsung (Palumbo, 1985) . Adapun cara orang
tua dalam memonitor dan mengontrol anak menonton tayangan televisi, yaitu orang
tua mengatur jadwal menonton tayangan televisi, tidak meletakkan televisi di
kamar anak, bersikap disiplin akan waktu belajar, memberi arahan dan nasehati
anak, mengajarkan dan memberi contoh anak membaca buku pengetahuan yang
bermanfaat bagi perkembangannya, serta membekali anak dengan ajaran agama.
Referensi :
1.
Kaigang Li, J. M. (2013). Social
Support May Buffer the Effect of Intrafamilial Stressors on Preschool
Children Television Viewing Time in Low-Income Families. Chilhood Obesity
, Vol 9 (No 6), Hal 484-491.
2.
Palumbo, F. M. (1985, December). Childrens Television
Its Effect on Nutrition and Cognitive Development. Pediatric Annals ,
Hal 793-801.
3.
Sri, D. (2005).
Dampak Tayangan Film di Televisi Terhadap Perilaku anak. Jurnal
Komunikologi , Vol 2 (No 1), Hal 1-7.
4.
Subhan, A.
(2010). Tayangan Bermasalah dalam Program Acara Televisi di Indonesia. Ilmu
komunikasi , Vol 8 (No 3), Hal 246-262.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar